Sosialisasi Reformasi Birokrasi PN Tasikmalaya
PDF
Cetak
E-mail
Ditulis oleh Administrator   
Selasa, 06 Juni 2017 21:03

Reformasi adalah pengubahan, perombakan, penataan, perbaikan atau penyempurnaan. Birokrasi adalah aparatur, lembaga/instansi, organisasi pemerintah, pegawai pemerintah, sistem kerja, dan perangkat kerja. Layanan kepada masyarakat harus berkualitas, bebas KKN, efektif dan efisien, empati, terjangkau, akuntabel, adil dan tidak diskriminatif. Reformasi Birokrasi merupakan upaya sistematis, terpadu dan komprehensif untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance) yang meliputi aspek kelembagaan, sumber daya manusia aparatur, ketatalaksanaan, akuntabilitas, pengawasan, dan pelayanan publik. Reformasi Birokrasi dihadapkan pada upaya mengatasi inefisiensi, inefektivitas, tidak professional, tidak netral, tidak disiplin, tidak patuh pada aturan.

Sesuai dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI., Nomor: 302 / SEK / 01 / VII / 2011.- Tanggal 22 Juli 2011 perihal tentang Laporan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI. Tahun 2010 maka PN Tasikmalaya membuat SK KPN Nomor : W11.U9/ 175 /KP.11.01/2/2017 Tentang PEMBENTUKAN TIM REFORMASI BIROKRASI PENGADILAN NEGERI TASIKMALAYA, telah dilaksanakan dan telah disosialisaikan kepada seruruh pegawai PN Tasikmlaya dari seruruh Area Kerja Masing masing, Telah dibentuk Tim Reformasi Birokrasi sesuai kebutuhan organisasi Yaitu:

 1. Pola Pikir dan Budaya Kerja (Manajemen Perubahan)
 Target yang hendak dicapai :
        1. Meningkatnya komitmen pimpinan dan pegawai K/L dalam melakukan reformasi birokrasi
        2. Terjadi perubahan pola pikir dan budaya kerja K/L
        3. Menurunnya risiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan

2. Penataan Peraturan Perundang-undangan
 Target yang hendak dicapai :
       1. Menurunnya tumpang tindih dan disharmonisasi peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan K/L
       2. Meningkatnya efektifitas pengelolaan peraturan perundang-undangan K/L

3. Penataan dan Penguatan Organisasi
 Target yang hendak dicapai
      1.   Menurunnya tumpang tindih tugas pokok dan fungsi K/L ;
      2.   Meningkatnya kapasitas K/L dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.

4. Penataan Tata Laksana
 Target yang hendak dicapai
     1. Meningkatnya penggunaan TI dalam proses penyelenggaraan manajemen pemerintahan K/L
     2. Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen pemerintahan di K/L

3. Meningkatnya kinerja di K/L

5. Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur
 Target yang hendak dicapai
     1. Meningkatnya ketaatan terhadap pengelolaan SDM Aparatur pada masing - masing K/L
     2. Meningkatnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan SDM Aparatur pada masing - masing K/L
     3. Meningkatnya disiplin SDM Aparatur pada masing - masing K/L
     4. Meningkatnya efektivitas manajemen SDM Aparatur pada masing - masing K/L
     5. Meningkatnya profesionalisme SDM Aparatur pada masing - masing K/L

6. Penguatan Pengawasan
 Target yang hendak dicapai
    1. Meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan keuangan Negara oleh masing-masing K/L
    2. Meningkatnya efektivitas pengelolaan keuangan Negara pada masing-masing K/L
    3. Meningkatnya status opini BPK pada masing-masing K/L
    4. Menurunnya tingkat penyalahgunaan wewenang

7. Penguatan Akuntabilitas Kinerja
 Target yang hendak dicapai
    1.   Meningkatnya kinerja K/L
    2.   Meningkatnya akuntabilitas K/L

8. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
   Target yang hendak dicapai
   1. Meningkatnya kualitas pelayanan publik ( lebih cepat, lebih murah, lebih aman, dan lebih mudah dijangkau) pada K/L
   2. Meningkatnya jumlah unit pelayanan yang memperoleh standarisasi pelayanan internasional pada K/L
   3. Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik oleh masing-masing K/L

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 12 Juni 2017 09:38
 

Add comment


Security code
Refresh

Bagai mana menurut anda situs pn-tasikmalaya.go.id?
 

PN Information

Pengadilan Negeri Klas I B Tasikmalaya sebagai badan peradilan tingkat pertama dalam melaksanakan tugas mengadili perkara pidana dan perkara perdata dan tugas-tugas lain dibidang pelayanan publik yang menjadi wewenang Pengadilan Negeri Klas I B Tasikmalaya.

Phone: 0265-330910
Email: info@pn-tasikmalaya.go.id
          ketua.pntasikmalaya@gmail.com
          kepegawaianpntsm@gmail.com
Web: www.pn-tasikmalaya.go.id